ORGANISASI, MANAJEMEN DAN TATA KERJA

TUGAS I
TEORI ORGANISASI UMUM 2
SOFTSKILL

Dosen : Elvia Fardiana





OLEH
Nama : Sentya Mersita
NPM : 1A114136
KELAS : 2KAO3



SISTEM INFORMASI
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
OKTOBER 2015




ORGANISASI, MANAJEMEN DAN TATA KERJA
Manusia adalah makhluk sosial yang cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan meyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerja sama. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi, bermanajemen, dan dalam ruang lingkup tata kerja.



ORGANISASI”

Pengertian Organisasi
Secara umum, organisasi adalah suatu unit sosial yang dikoordinasikan secara sengaja, terdiri dari dua orang atau lebih yang berfungsi pada suatu basis yang relatif berkesinambungan untuk mencapai serangkaian tujuan. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, dan sebagai bahan perbandingan akan disampaikan beberapa pendapat sebagai berikut:

    Ø  Stoner, Menurutnya pengertian organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

    Ø  Stephen P. Robbins, Menurut definisinya, pengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. 

    Ø  James D. Mooney, Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. 

    Ø  Chester I. Bernard, Menyatakan bahwa organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. 

    Ø  Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan, menurutnya pengertian organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama. 

    Ø  Max Weber, Menurut pendapatnya pengertian organisasi adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalmnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.



Ciri-Ciri Organisasi
Organisasi dapat dibedakan dengan melihat ciri-ciri organisasi dimana ciri-ciri organisasi beraneka ragam antara lain sebagai berikut.

          A.      Ciri-Ciri Organisasi Secara umum

1.       Sebagai wadah atau tempat untuk bekerjasama
Organisasi merupakan suatu wadah atau tempat bagi orang-orang yang ingin bersama-sama bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

2.       Proses kerjasama sedikitnya ada 2 orang
Ini sudah jelas, karna suatu organisasi adalah tempat untuk bekerja untuk bekerjasama yang mana untuk bekerjasama di butuhkan paling sedikitnya dua orang.Semakin banyaknya orang yang bekerjasama dalam suatu organisasi, maka organisasi tersebut juga haruslah menerapkan sistem penyusunan organisasi  dengan lebih sempurna.

3.       Jelas Tugas dan kedudukannya masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak yang berhubungan satu dengan yang lain yang ada di dalam organisasi tersebut haruslah lebih jelas, guna agar sistem organisasi dapat tertata dan terkelola dengan baik serta sempurna dan juga tujuan bersama dapat tercapai  secara maksimal.

4.       Adanya Tujuan bersama
Salah satu ciri organisasi adalah memiliki tujuan brsama, dan dengan adanya tujuan bersama ini anggota ataupun orang-orang yang berada di dalam organisasi atau wadah tersebut dapat bekerjasama dengan baik untuk mencapainya.


          B.      Ciri-Ciri Organisasi Menurut Para Ahli yaitu Berelson dan Steiner 


Ø  Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya 

Ø  Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut. 

Ø  Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"

Ø  Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut. 



          C.      Ciri-Ciri Organisasi Modern

·         Organisasi bertambah besar
·         Penggunaan staf lebih intensif 
·         Unsur-unsur organisasi lebih lengkap
·         Pengelolaan data semakin cepat 
·         Adanya prinsip-prinsip atau azas-asaz organisasi
·         Cenderung spesialisasi


Unsur-Unsur Organisasi
Setiap organisasi memiliki beragam unsur antara lain sebagai berikut..


          A.     Unsur-Unsur Organisasi Secara Umum

1.       Man, adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut merupakan kekuatan organisasi.

2.       Kerja Sama, adalah unsur organisasi dimana setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama. 

3.       Tujuan Bersama, adalah Sasaran yang ingin dicapai/ diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau titik akhir dari pekerjaan organisasi tersebut. 

4.       Peralatan (Equipment), adalah sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.

5.       Lingkungan (Environment), adalah unsur organisasi yang juga memiliki pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang telah ditetapkan. 

6.       Kekayaan Alam, yang termasuk dengan kekayaan alam adalah air, cuaca, keadaan iklim, flora dan fauna. 

7.       Kerangka/Kontruksi Mental Organisasi, adalah landasan dari organisasi yang berada pada visi organisasi tersebut dibuat. 


          B.      Unsur-Unsur Organisasi Menurut Keith Davis

Ø  Unsur Pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah

Ø  Unsur Kedua, adanya sikap sukarela dalam membantu kelompok mencapai tujuan tertentu. 

Ø  Unsur Ketiga, unsur tanggung jawab merupakan rasa yang paling menonjol dalam menjadi anggota


          C.      Unsur-Unsur Dasar Organisasi 

·         Personil atau anggota 
·         Visi 
·         Misi 
·         Wewenang 
·         Struktur
·         Hubungan 
·         Formalitas
·         Sumber Energi 
·         Proses Kegiatan organisasi


Teori-Teori Organisasi
Terdapat macam-macam teori organisasi antara lain sebagai berikut.

          A.    Teori Organisasi Klasik adalah teori yang memiliki konsep organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan organisasi adalah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain ketika orang bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta pemberian petunjuk mekanistik struktural yang kaku dan tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi. Teori Klasik disebut juga dengan teori tradisional. Teori klasik berkembang dalam 3 jenis aliran antara lain sebagai berikut.

Ø  Teori Birokrasi, teori birokrasi dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya yang berjudul "The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism
Ø  Teori Administrasi, teori administrasi dikembangkan atas sumbangan dari Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooeny dan Reliey dari Amerika
Ø  Manajemen Ilmiah, teori ini dikembangkan oleh Frederick Winslow Taylor yang dimulai pada tahun 1900.

          B.    Teori Organisasi Neoklasik adalah Teori yang menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu dan kelompok dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik adalah teori/aliran hubungan manusia (The Human Relation Movement). Dalam pembagian kerja, diperlukan hal-hal berikut yang telah dikemukakan teori neoklasik antara lain sebagai berikut.

·         Partisipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan 
·         Perluasan kerja, yaitu sebagai kebalikan dari pola spesialisasi
·         Manajemen bottom-up, yang akan memberikan kesempatan para junior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak. 

          C.    Teori Organisasi Modern adalah teori yang bersifat terbuka dimana semua unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan. Teori modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan dimulai disaat berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga sebagai analisa system pada organisasi yang merupakan aliran ketiga terbesar dalam teori organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan Robert kahn dalam bukunya "the social psychology of organization". yang menjelaskan dalam bukunya mengenai keunggulan sistem terbuka. 



MANAJEMEN”

Pengertian Manajemen
Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen pada hakekatnya merupakan kegiatan seorang pemimpin atau manajer yang harus di lakukan dengan menggunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan melalui kerjasama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara setepat-tepatnya. Untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien, manajemen perlu melewati beberapa proses atau bisa disebut kegiatan manajemen, yaitu proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pendorongan (motivating), dan pengontrolan sumber daya (controlling).



TATA KERJA”

Pengertian Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat di perlukan dapat di manfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilakukan dengan tepat pula.




Contoh nyata organisasi

Organisasi menjadi bagian dari ilmu sosial. Organisasi terbagi menjadi cakupan penting, yaitu perilaku organisasi,studi organisasi, dan analisis organisasi. Ketiganya berperan dalam setiap lingkup organisasi yang pernah tercipta didunia. Sejak kecil, kita sudah terbiasa dengan hal-hal yang biasa dilakukan dalam organisasi.

                Sebut saja, unit terkecil dari masyarakat bernama keluarga. Ada ayah yang mengepalai keluarga, ibu yang mengatur rumah tangga, anak-anak dan saudara-saudara yang mendapat kasih sayang sekaligus instruksi dari orang tua untuk mengerjakan sesuatu agar mereka terdidik dan terbiasa melakukan hal baik sebagai bekal mereka hidup membaur di masyarakat kelak.

                Beranjak remaja, masuk ke sekolah menengah, mengenl beragam karakter dan kegiatan berorganisasi, seorang anak kembali mendapat momen ketika ia harus berhadapan dengan lingkup sosialnya dengan segala kepribadian yang baru sampai menjadi karakter sesungguhnya saat dewasa nanti.

                Pada saat dewasa, manusia kerap menemukan bentuk organisasi yang lebih kompleks. Misalnya, dalam bidang pekerjaan dan menghayati profesinya, bersosialisasi dengan tetangga seperti arisan atau kumpul RT, dan masyarakat pada umumnya saat seseorang turut berperan dalam kegiatan sosial. Contohnya, program kebersihan lingkunga.

                Yang sering terjadi dalam berorganisasi adalah interaksi sosial dan partisipasi seseorang dalam sebuah kondisi kelompoknya yang memungkinkan ia memberikan kontribusi berupa pemikiran serta tindakan. Interaksi seseorang dalam menyatakan partisipasinya dapat dilakukan secara efektif bila ia mampu menempatkan dirinya, tahu kapan harus memngungkapkan pendapat, dan sesuai dengan apa yang di butuhkan saat itu.




Referensi :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEDAH NOVEL "BIDADARI-BIDADARI SURGA"

ARTIKEL : DESAIN GRAFIS

Kisah Cinta Kasih Dalam Cerita "Salah Asuhan"