JARINGAN KEMPUTER : Analasis Jaringan Internet ke Salah Satu Web Gunadarma

ANALISIS JARINGAN INTERNET KE SALAH SATU WEB GUNADARMA


Dengan Ketetapan :
1.      Cek Koneksi
2.      Cek Host
3.      Cek Trafik
4.      Cek Respon Time


Pada analisi jaringan internet ke salah satu web gunadarma ini yang saya digunakan adalah :
1.      Web library.gunadarma.ac.id
2.      Jaringan internet wifi indihome dari telkom



1.      CEK KONEKSI
Tahap pertama ini sesuai ketentuan yang sudah diberikan, maka saya melakukan cek koneksi. Cek koneksi saya memakai speedtest.com. speedtest.com ini akan menampilkan koneksi internet yang saya gunakan. Saat akan mengecek koneksi internet pada speedtest ini terdapat 2 tampilan yang akan muncul dengan sendirinya. Seperti gambar dibawah, yang pertama keluar kita kita memulai melakukan pengecekan koneksi yang terlihat adalah speedometer. Speedometer inilah yang akan menentukan berapa koneksi internet yang kita gunakan dan akan ditampilkan dengan detail pada gambar kedua di bawah ini.




Dan dibawah adalah tampilan kedua yang berada pada speedtest yang telah kita lakukan sebelumnya, hasil dari speedometer sebelumnya akan terlihat disini. Seperti gambar diatasn sudah dapat dilihat berapa PING yang kita dapatkan, Download speed serta upload speed internet kita.




PING yang saya dapatkan dari koneksi internet saya adalah 15ms. Download Speed-nya 10.47Mbps. Dan Upload Speed-nya 1.59Mbps.




Pada speedtest ini juga ditampilkan nomor IP Public . yaitu sepertu gambar diatas




Disamping itu juga terdapat nama internet yang saya gunadakan, yaitu dari PT.Telekomunikasi Indonesia, Jakarta.





2.      CEK HOST
Cek host yaitu dimana kita akan melakukan pengecekan Ip Address Private pada Leptom/computer yang kita gunakan. Dengan menggunakan Command Prompt (cmd) kita cukup memasukkan ipconfig dan enter maka akan ditampilkan seperti gambar diatas. Ip Address Private saya yaitu 192.168.0.111.






3.      CEK TRAFIK
Pada tahap ketetapan ketiga yaitu Cek Trafik. Cek trafik yaitu berguna untuk mengecek rank-rank yang didapat pada web yang ingin kita lihat. yang saya gunakan untuk mengecek trafik salah satu web gunadarma ini adalah SimilarWeb.com dan web gunadarma yang saya pakai adalah library.gunadarma.ac.id. berikut adalah hasil-hasil rank dari web tersebut.



Traffic Overview yang didapat dari web library.gunadarma.ac.id adalah 100.80K Total Visits. Avg Visit Duration 00:02:49. Pages per visit 4.50 dan Bounce Rate sebanyak 52.10%.



Traffic by countries yang didapat oleh web library gunadarma adalah dari 5 negara diantaranya Indonesia dengan traffic tertinggi yaitu sebesar 95.95%. Diikuti United State dengan hasil yang sangat berbeda yaitu 1.83%. Singapore 1.04%. Germany 0.40%. dan terendah dari United Arab Emirates dengann traffic hanya 0.33%.



Selanjutnya terdapat traffic dari referrals dengan hanya sebesar 6.72%.



Traffic dari Search yang didapat oleh web gunadarma cukup besar yaitu 81.24% dan merupakan 100.00% Organic keywords, diantaranya libray gunadarma, gunadarma library, dll. Dan dengan traffic yang bisa dilihat pada gambar diatas.



Kemudian terdapat traffic dari Social. Dimana facebook menempati range tertinggi yaitu sekitar 76.47%. dibawahnya terdapat Youtube dengan range 17.65%. Scribd 2.94% dan terakhir dengan range yang sama yaitu WhatsApp Webapp. Dan jumlah traffic keseluruhan sebesar 0.86%.



Terakhir yaitu Website Content dengan Subdomains yang didapat oleh library.gunadarma.ac.id sebesar 100.00%.



4.      CEK RESPON TIME
Pada tahap terakhir dalam ketetapan analisi ini yaitu Cek Respon Time, yaitu dimana kita akan mengecek berapa waktu yang kita perlukan untuk web library.gunadarma.ac.id. Dengan menggunakan Command Prompt (cmd) kita cukup melakukan ping dan kemudian akan muncul hasil seperti dibawah ini.


Dari gambar diatas didapat waktu minimun yang diperlukan sebanyak 181ms, waktu maksimum 199ms dan average yaitu 186ms.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEDAH NOVEL "BIDADARI-BIDADARI SURGA"

ARTIKEL : DESAIN GRAFIS

Kisah Cinta Kasih Dalam Cerita "Salah Asuhan"