TEKNIK AUDIT BERBANTUAN KOMPUTER DAN KEAMANAN INFRASTRUKTUR JARINGAN

TEKNIK AUDIT BERBANTUAN KOMPUTER

Pengaruh TI dan Audit Berbantuan Komputer
Penggunaan Teknik Audit Berbantuan Komputer sangat diperlukan dalam pemeriksaan laporan keuangan karena dengan adanya bantuan komputer maka akan membantu auditor dalam melakukan pengauditan menjadi lebih efektif dan efisien. TABK atau Cmputer Assisted Audit Techniques (CAATs) merupakan penggunaan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam kegiatan audit. Penggunaan TABK atau CAATs akan berpengaruh meningkatkan efisien dan efektifitas auditor dan melaksanakan audit dengan memanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki oleh komputer.


Proses Audit Berbantuan Komputer
1.     Menentukan tujuan audit / analisis
Pengantar audit berbantu komputer harus menentukan tujuan dengan menganalisis audit keuangan, audit, kinerja, audit dengan tujuan khusus agar semua proses penentuan tujuan dapat terealisasikan sesuai dengan rencana yang semestinya harus didapat. Maka dari itu, hendaknya tahapan TABK harus memahami betul proses analisis yang berlangsung.

2.     Memahami sistem informasi
Sistem informasi adalah alur proses yang meruapakan sistem aplikasi yang memiliki kaitan dengan alur informasi. Sedangkan batasan audit ditentukan dengan batasan sistem informasi yang harus diaudit. Dengan begitu TABK harus memahami secara menyeluruh sistem informasi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

3.     Menentukan sistem aplikasi
Sistem aplikasi berupa otomatisasi proses dan audit atas aplikasi yang berlangsung dengan sebuah proses. Untuk itu, TABK hendaknya mampu menentukan sistem aplikasi yang digunakan.

4.     Pemahaman atas aplikasi
Pemahaman ini adalah pemahaman yang berlangsung atas proses dalam menentukan kebutuhan dana, menyiapkan data master, data transaksi, data prefensi/parameter, menentukan setiap sistem dengan data yang beragam, dan menggunakan memanfaatkan satu sumber dengan menggunakan beberapa aplikasi.

5.     Melakukan perolehan data
Perolehan data didapat dengan cara onl-line/ dirrect acces/ live data dan off-line/ dengan download data/ copy data. Semua cara tersebut disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

6.     Menguji integritas data
Hendaknya data yang diuji memiliki kesamaan dengan data yang digunakan oleh audite, usahakan untuk selalu memperhatikan kelengkapan dan validitas dari data sebelumnya setelah selesai melakukan analisis, anda juga perlu mempersiapkan hasil cetakan atau perolehan laporan sebagai perbandingan, jika terjadi masalah sampaikan dengan segera hal tersebut pada audite.

7.     Memahami data
Memahami data dengan struktur data / tabel dengan menggunakan relasi antar data / tabel. Untuk memahami data anda juga aharus memahami jumlah dan periode record dalam transaksi pada setiap data.

8.     Menguji data
Anda bisa menguji dengan melakukan logika umum (common sense) dan menguji dengan peraturan eksternal dan internal.

9.     Menganalisis data
Untuk menganalisis data usahakan setiap hasil pengujian harus segera mendapatkan konfirmasi kepada audite, dan usahakan hasil pengujian dilihat dari sudut pandang proses terkait.

10.  Melaporkan hasil audit
Jika anda menemukan hal diluar tujuan audite anda harus membuat laporan secara terpisah, dan laporan hasil pengujian hendaknya mampu dijawab dengan tujuan audit.


Aplikasi Audit Berbantuan Komputer
1.     ACL (Audit Command Language)
ACL merupakan Tools yang paling diminati untuk dapat membantu proses analisis data secara interaktif dalam menghasilkan informasi yang tepat guna bagi keperluan pengambilan keputusan yang tepat bagi manajemen.

2.     IDEA (Interaktif Data Analysis Software)
IDEA merupakan software audit yang dapat digunakan untuk membuat rekonsiliasi, investigasi kecurangan, internal/operational audit, pemindahan file, mempersiapkan laporan manajemen dan analisis-analisis lainnya, termasuk menulusuri security log.

3.     APG (Audit Program Generator)
APG memungkinkan tim audit mempersiapkan daftar perencanaan audit mereka. APPG memungkinkan tim audit untuk menambahkan, menghapus atau melakukan modifikasi item-item individual dalam daftar perencanaan audit untuk menyesuaikan antara perkerjaan auditor dengan keperluan klien mereka.

4.     Microsoft Excel
Cara kerja audit berbantuan komputer dengan Microsoft Excel yaitu, setelah file data diimpor atau disalin, maka selanjutnya dapat dilakukan pengolahan/manipulasi data sesuai keperluan audit yang dilakukan, tentunya dengan menginputkan formuka-formula yang diperlukan.

5.     AUDIT-Easy
Software yang digunakan untuk mengembangkan dan melakukan audit kepatuhan internat dan eksternal.

6.     QSAQ
Software ini digunakan untuk menjadwalkan, mengelola analisis dan mengadakan internal audit, penilaian, pengujian dan pemeriksaan. Software ini didesain untuk mengorganisasikan, melangsungkan, mendokumentasikan, dan melaporkan dalam internal audit dan eksternal audit.

7.     Random Audit Assistant
Adalah software untuk mendapatkan sample audit yang valid dari batasan audit yang telah ditetapkan.

8.     RAT-STATS
Adalah paket software statistik yang didesain untuk membantu auditor dalam menetapkan sample audit secara acak dan mengevaluasi hasilnya.

9.     Auto Audit
Software ini merupakan sistem informasi audit yang terintegrasi. Software ini memungkinkan departemen audit untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dalam satu database. Dengan fasilitas untuk menaksir risiko, perencanaan, penjadwalan, kertas kerja, dan lainnya, maka menggunakan software ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengelola sebuah departemen audit.

10.  GRC on Demand
Adalah software dengan kegunaan untuk manajemen pengendalian keuangan, otomatisasi audit, risiko manajemen, teknologi informasi pemerintahan.



AUDIT SI MENGGUNAKAN EXCEL

Uji Duplikasi
Untuk Sumber Daya Manusia/Pemeriksa, IT dan lainya: Dapat melakukan sistem pelaporan yang sesuai dengan keinginan atau laporan yang diinginkan (Independensi) dan dengan Akurasi dan Kwalitas Data yang sangat bagus. Sehingga data pelaporan dapat dipercaya. Proses pembuatan Rekapitulasi dengan sangat cepat. Pencarian Duplikasi Data seperti Identitas Kewarganegaraan (1 Orang memiliki lebih dari 1 Identitas).


Import File untuk Analisa
Jika tujuan Anda adalah menyimpan beberapa atau semua data Anda dari satu atau lebih lembar kerja Excel di Access, Anda harus mengimpor konten lembar kerja itu ke dalam database Access yang baru atau yang sudah ada. Ketika Anda mengimpor data, Access membuat salinan data itu di dalam tabel yang baru atau yang sudah ada tanpa mengubah sumber lembar kerja Excel.


Memeriksa Data
Setelah Anda membuat Workbook dan mengisinya dengan data, Anda harus selalu menggunakan Excel Spelling Checker untuk memeriksa teks Anda dari salah penulisan. Jika Excel menemukan sebuah kata yang tidak dikenali, Spelling Checker akan menanyakan kepada Anda apakah kata itu sudah benar, dan mungkin menyarankan alternatifnya. Anda bisa membuat Excel melewati sebuah kata sekali atau pada keseluruhan dokumen, memilih satu yang disarankan oleh program, atau bahkan menambahkan kata baru ke dalam kamus. Produk biasanya selalu menggunakan nama yang unik, jadi tambahkan ke dalam kamus yang digunakan oleh Excel untuk memeriksa semua dokumen untuk menghemat waktu.



Audit Keamanan Infrastruktur Jaringan

Review penggunaan infra jaringan pada audit dan implementasinya pada internet E-Government

Sistem pemerintahan yang sentralistik menjadi desentralistik saat ini, pada hakekatnya merupakan penyelenggaraan otonomi daerah untuk memberikan kewenangan yang luas, nyata dan bertanggungjawab kepada daerah secara proporsional yang berkeadilan. Penyelenggaraan otonomi daerah bertujuan untuk penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bertanggungjawab (good governance) kepada masyarakat, sehingga dapat dihasilkan birokrasi yang kuat, handal dan profesional, efisien, produktif, serta memberikan pelayanan prima kepada publik. Perubahan-perubahan yang telah dan sedang terjadi menuntut terbentuknya suatu pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparansi dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif. Pemerintah harus mampu memenuhi dua modalitas tuntutan masyarakat yang berbeda dan berkaitan erat yaitu (Anonymous : 2003): Masyarakat menuntun pelayanan publik yang memenuhi kepentingan masyarakat luas diseluruh wilayah negara, dapat diandalkan dan terpercaya serta mudah dijangkau secara interaktif. Masyarakat menginginkan agar aspirasi mereka didengar, dengan demikian pemerintah harus memfasilitasi partisipasi dan dialog publik di dalam perumusan kebijakan negara.



REFERENSI :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEDAH NOVEL "BIDADARI-BIDADARI SURGA"

ARTIKEL : DESAIN GRAFIS

Kisah Cinta Kasih Dalam Cerita "Salah Asuhan"