ANALISIS E-GOVERNMENT PROVINSI SUMATERA BARAT

NO
Unit Analisis
Kategori Analisis
Provinsi
(Sumatera Barat)
 Kota 1
(Padang)
Kota 2
(Bukittinggi)
  1.
Selayang Pandang
Sejarah,
Motto
-
-
Lambang
-
Arti lambang
-
lokasi dalam bentuk peta
-
-
-
visi dan misi
 2.
Pemerintahan Daerah
Eksekutif
-
Legislative
-
nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah
-
-
-
biodata dari Pimpinan Daerah
 3.
Geografi

Topografi
-
-
-
Demografi
-
-
-
cuaca dan iklim
-
-
-
sosial dan ekonomi
√             
-
-
budaya dari daerah bersangkutan
-
-
Ada informasi berupa numeris / statistik dan harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.
-
-
 4.
Peta Wilayah dan Sumberdaya
peta wilayah
-
-
bentuk peta
sumberdaya
-
-
 5.
Peraturan/Kebijakan Daerah

Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan.
 6.
Buku Tamu

Buku Tamu
Forum
-
-
-


Unit Analisis dan Kategori Analisis


1.     Selayang Pandang
Pada website pemerintah provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, dan Kota Bukittinggi terdapat sejarah tentang masing-masing daerahnya. Untuk motto hanya website pemerintah Provinsi Sumatera Barat saja yang mencantumkan mottonya, sedangkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi tidak ada. Pada Provinsi Sumatera Barat dan Kota Bukittinggi terdapat lambang daerah, hanya Kota Padang yang tidak mempunyai arti lambang. Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang dan Kota Bukittinggi tidak memilikiLokasi dalam bentuk peta. Pada masing-masing website sudah terdapat visi dan misinya.


2.     Pemerintahan Daerah
Untuk informasi eksekutif dan legislatif pada website pemerintah provinsi Sumatera Barat dan Kota Bukittingi sudah ada, tetapi pada Kota Padang. Untuk nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah pada masing-masing website belum ada. Tetapi, untuk biodata dari pimpinan daerah Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang dan Kota Bukittinggi sudah ada.


3.     Geografi
Pada bagian geografi yaitu Topografi, Demografi, Cuaca dan Iklim diketiga website tersebut belum ada,sedangkan pada sosial dan Ekonomi, Budaya dari Daerah dan Informasi berupa numerik/statistik sudah ada pada Provinsi Sumatera Barat, tetapi pada Kota  Padang dan Kota Bukittinggi belum ada.


4.     Peta Wilayah dan Sumberdaya
Peta wilayah dan bentuk peta sumberdaya hanya ada pada website pemerintah Kota Bukittinggi, sedangkan pada Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang tidak ada.


5.     Peraturan/Kebijakan Daerah
Peraturan daerah pada masing-masing website sudah ada.


6.     Buku Tamu
masing-masing website sudah terdapat buku tamu yang digunakan untuk kritik dan saran. Kemudian untuk Forum tidak ada pada masing-masing website tersebut.



Kesimpulan :
Dari hasil analisis website yang telah dilakukan, kami menyimpulkan bahwa website dari Provinsi Sumatera Barat lebih baik dibanding website Kota Padang dan Kota Bukittinggi, karena kelengkapan Informasi menu utama dalam Website daerah Provinsi Sumatera Barat lebih jelas dibanding Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Dan nilai total dari unit analisis paling tinggi diperoleh Provinsi Sumatera Barat, kemudian Kota Buktitnggi, dan terakhir Kota Padang. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BEDAH NOVEL "BIDADARI-BIDADARI SURGA"

ARTIKEL : DESAIN GRAFIS

Kisah Cinta Kasih Dalam Cerita "Salah Asuhan"